Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan sertifikat SSL karena banyak sekali individu atau perusahaan yang membeli sertifikat SSL untuk kepentingan keamanan digital. Namun, apakah Anda tahu tentang keberadaaan TLS yang mulai menggeser atau bahkan menggantikan SSL yang Anda gunakan? TLS atau Transport Layer Security adalah protokol enkripsi yang biasa digunakan untuk transmisi data di Internet. Protokol ini diimplementasikan di lingkungan tertentu. Jika Anda ingin menggunakan TLS untuk solusi keamanan digital yang dibutuhkan oleh website yang dimiliki, maka pastikan Anda beli Sertifikat SSL/TLS dari penyedia jasa yang bisa dipercaya.

Sebelum TLS dikenal luas, SSL sudah lebih dahulu digunakan dan merupakan pilihan keamanan yang tepat terutama untuk mereka yang menjalankan bisnis secara online melalui website. Tentu keduanya merupakan protokol untuk kriptografi yang menyediakan komunikasi yang aman melalui internet. Baik SSL maupun TLS menggunakan sertifikat X.509 untuk kepentingan enkripsinya. Enkripsi yang digunakan adalah enkripsi asimetris yaitu sebuah enkripsi yang menggunakan kunci pribadi (private key) dan kunci publik (public key). 

Guna memastikan enkrispi berlangsung aman, TLS menggunakan Certificate Authority. Hasil enkripsi kemudian diberikan ke transport layer agar selanjutnya data bisa dikirim. TLS digunakan karena alasan pentingnya keamanan data sensitif termasuk didalamnya perbankan online, kata sandi, penyimpanan data pelanggan, dan komunikasi digital. Salah satu tujuan penggunaan TLS adalah untuk keamanan transmisi data serta memastikan integritas pengguna komunikasi berada ditingkat tinggi.

Seiring dengan perkembangan Internet, TLS pun berkembang pesaat dan selalu ditingkatkan. TLS pertama kalinya diperkenalkan pada tahun 1990an bersamaan dengan Netscape Browser, SSL 1.0. Pada tahun 1999, SSL kemudian diubah namanya menjadi TLS 1.0 dan standar yang berlaku saat ini adalah TLS 1.2. Butuh waktu sekitar 14 tahun agar SSL bisa menjadi TLS 1.2. TLS saat ini dianggap sebagai salah satu protokol jaringan teraman yang pernah ada. Kini, Anda tentu akan mempertimbangkan TLS ketika membutuhkan solusi keamanan digital untuk setiap kepentingan bisnis Anda, terutama di dunia online. TLS relatif mudah untuk digunakan pada protokol tanpa mekanisme keamanan. Algoritma enkripsi dan protokol jaringan usang yang baru pun kini bisa didukung karena TLS bisa diperluas dan kompatibel.

Lalu, bagaimana Transport Layer Security bekerja? TLS menangani setiap transmisi data secara skematis sebagai komunikasi antara pengirim dan penerima, seperti antara klien dan server. TLS bekerja dilapisan transport, dimana aliran data komunikasi digital dikelola. Lapisan ini merupakan bagian dari sistem transportasi yang dipisahkan dari lapisan aplikasi sehingga terpisah dari pengguna. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu mengkhawatirkan karakteristik sistem yang digunakan untuk transmisi data.

Lapisan transport ini juga memungkinkan enkripsi end-to-end, dimana lapisan aplikasi merupakan implementasi protokol standar TLS yang superior. TLS juga berlaku untuk chatting, koneksi VPN, atau transfer data FTP karena adanya penyesuaian protokol. Terlepas dari penggunaan praktisnya, TLS memiliki tiga tujuan umum yaitu enkripsi, otentikasi, dan integritas. Enkripsi merupakan proses melindungi pesan atau informasi yang akan dikirim terhadap akses pihak ketiga dengan menggunakan algoritma enkripsi. Sedangkan otentikasi merupakan komunikasi diantara pengirim dan penerima yang memerlukan mekanisme untuk melakukan verifikasi indentitas di jaringan. Selanjutnya, integritas adalah proses memastikan bahwa tidak ada informasi atau pesan yang dapat dimanipulasi setelahnya.

Protokol enkripsi keamanan lapisan transport terdiri dari dua komponen dasar, dimana masing-masing komponen ditujukan untuk memenuhi tujuan spesifik. Komponen pertama berkaitan dengan transmisi data yang sebenarnya, sedangkan komponen kedua mencakup mekanisme yang digunakan untuk melakukan autentikasi pengguna komunikasi sebelum terjadinya transmisi data. Sekarang Anda bisa mulai mencari informasi tentang harga SSL/TLS Thawte, harga SSL/TLS GlobalSign, atau brand lainnya guna mendapatkan solusi keamanan terbaik.