Home / SSL Support / FAQ

Frequently Asked Questions

Yang sering ditanyakan oleh pelanggan kami. Apabila ada yang masih kurang jelas, silahkan cek di artikel/blog kami, atau menghubungi kami di sini.

Tentang SSL

Apakah SSL Itu?

Secure Socket Layer atau SSL adalah protokol keamanan digital yang mengamankan proses pertukaran daa pada jaringan Internet terutama pada website. Website yang menggunakan SSL memiliki data terenkripsi yang tidak bisa dibaca oleh pihak yang tidak berkepentingan. Hanya mereka yang memiliki otoritas yang bisa membaca data asli. Hal ini bisa mencegah pencurian data.

Website yang menggunakan SSL diperlakukan berbeda oleh Google. Google mengutamakan website yang menggunakan SSL karena website tanpa SSL akan ditandai sebagai website yang tidak aman (Not Secure). SSL juga merubah http menjadi https, dimana penambahan “s” merupakan indikasi bahwa website Anda aman.

SSL Apa yang Paling Aman Dan Terpercaya?

Ada banyak pilihan produk sertifikat SSL namun setiap produk memiliki tingkat keamanan yang berbeda. Meskipun semua jenis SSL bisa menjadi solusi keamanan namun sertifikat jenis Extended Validation (EV) memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena adanya fitur Green Bar yang menampilkan nama perusahaan Anda pada Address Bar.

Apakah Extended Validation SSL Certificate?
Sertifikat SSL EV (Extended Validation) dikenal sebagai sertifikat dengan kualitas terbaik sehingga bisa memenuhi kebutuhan keamanan digital Anda. Proses validasi sertifikat ini cukup ketat dan membutuhkan dokumen bukti legalitas perusahaan calon pengguna sertifikat. Sertifika SSL akan diterbitkan dalam waktu 7-14 hari.
Apakah Organization Validation SSL Certificate?

Sertifikat SSL OV (Organization Validation) memiliki tingkat pemastian yang tinggi. Sertifikat jenis ini juga dikenal sebagai sertifikat dengan kualitas terbaik setelah Extended Validation (EV). Sertifikat akan diterbitkan dalam 3-7 hari setelah proses otentikasi dan validasi. Proses-proses tersebut membutuhkan dokumen yang membuktikan apakah perusahaan calon pengguna SSL legal atau tidak.

Apakah Domain Validation SSL Certificate?
Sertifikat SSL DV (Domain Validation) adalah jenis sertifikat SSL yang memiliki proses validasi mudah dan cepat. Sertifikat bisa diterbitkan hanya dalam hitungan menit. Hanya dibutuhkan bukti kepemilikan hak atas domain yang akan diamankan menggunakan SSL melalui email persetujuan.
Apakah Single/Basic SSL Certificate?
Sertifikat SSL single atau basic mengamankan setiap domain atau sub-domain Anda secara terpisah. Dengan kata lain, setiap domain atau sub-domain harus memiliki sertifikat masing-masing.
Apakah Multi-Domain SSL Certificate?

Sertifikat SSL Multi-Domain dirancang untuk mengamankan beberapa nama domain (FQDN) secara bersamaan dalam satu file sertifikat SSL. Satu sertifikat bisa digunakan untuk mengamankan beberapa domain sehingga bisa menghemat waktu dan biaya dalam pengelolaan sertifikat SSL. Nama lain dari sertifikat jenis ini adalah Subject Alternative Name (SAN) atau Unified Communication (UC).

Apakah Multi-Domain Wildcard SSL Certificate?

Multi-Domain Wildcard adalah sertifikat SSL yang digunakan untuk mengamankan sub-domain yang Anda miliki tanpa batasan jumlah. Anda bisa memilih multi-domain wildcard jika ingin mengamankan semua sub-domain yang terdapat pada beberapa domain utama yang berbeda.

Apakah Code Signing SSL Certificate?
Code signing merupakan salah satu sertifikat digital yang digunakan pada aplikasi executable yang akan melindungi aplikasi dari tindakan yang tidak diharapkan yang bisa saja dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Aplikasi yang dirilis tidak akan diubah oleh pihak manapun sehingga pengguna akan lebih percaya akan keamanan aplikasi Anda. Code signing juga menjadi identitas pembuat aplikasi sehingga bisa menghindari kesalahan atau notifikasi peringatan yang disebabkan oleh aplikasi tidak dikenal.
Apakah Wildcard SSL Certificate?
Sertifikat SSL Wildcard bisa mengatasi celah keamanan bahkan dari seluruh sub-domain yang dimiliki oleh domain utama Anda. Tidak ada batasan jumlah sub-domain yang bisa dilindungi menggunakan SSL. Tidak ada biaya tambahan yang dibebankan ketika Anda menambahkan sub-domain.
Apakah Document Signing Certificate?
Document Signing Certificate adalah sertifikat yang dirancang untuk mengamankan berbagai jenis file untuk membuktikan kepemilikan. Dokumen yang dienkripsi menggunakan document signing akan memperkecil kemungkinan celah keamanan sehingga tidak ada pihak manapun yang akan megubah dokumen yang akan Anda kirim melalui email atau jenis komunikasi elektronik lainnya.
Apakah Website Anti Malware?
Website anti-malware digunakan untuk mencegah malware atau virus yang mungkin masuk ke dalam website Anda. Bagi website, malware adalah sebuah musuh karena bisa menginfeksi virus ke sebuah website tanpa disadari. Virus dari malware menyerang ke dalam sistem komputer pengunjung website yang tidak hanya mengganggu tetapi juga berbahaya. Malware bisa dihindari dengan penggunaan tools yang tepat.
Bagaimana Membuat Website Saya Menjadi Green Bar?
Green Bar merupakan indikasi keamanan sebuah website. Jika Anda ingin mendapatkan tingkat keamanan tertinggi, dimana website Anda akan lebih dipercaya, Anda bisa memilih Sertifikat SSL EV (Extended Validation) karena adanya fitur green bar tersebut. Fitur ini kemudian menampilkan nama perusahaan atau organisasi Anda.
Apa yang Membedakan Wildcard atau Multi-Domain Secara Fungsi?
Multi-domain mengamankan sebanyak mungkin domain utama sedangkan Wildcard mengamankan sub-domain dari satu domain utama. Hal ini yang membedakan kedua jenis sertifikat ini secara fungsi. Ketika memilih Sertifikat SSL Multi-Domain, Anda bisa mengamankan sebanyak mungkin domain namun pastikan Anda menyimpan nama domain tersebut pada file Subject Alternative Name (SAN). Setiap penambahan domain dikenakan biaya tambahan namun sangat terjangkau.
Apa Enkripsi 256-bit? Bagaimana Cara Menggunakannya?

Enkripsi terdengar rumit ditelinga mereka yang awam atau tidak tahu tentang keamanan digital dan SSL. Istilah enkripsi menjadi hal penting dalam sertifikat SSL. Sampai saat ini, yang sering digunakan dalam keamanan digital adalah enkripsi 256-bit.

Bit adalah panjangnya hasil enkripsi sedangkan enkripsi itu sendiri merupakan proses pengacakan informasi menjadi bentuk angka sehingga tidak bisa dibaca oleh pihak yang tidak berkepentingan. Data yang belum dienkripsi melakukan fungsi algoritma untuk menciptakan sepotong data terenkripsi. Algoritma juga disebut sebagai kunci termasuk kunci pribadi (private key) dan kunci publik (public key).

Kedua kunci tersebut berperan sebagai media dalam proses enkripsi dan deskripsi data. Kedua kunci ini kemudian berperan sebagai media baik untuk enkripsi maupun dekripsi. Kunci privasi menciptakan ciphertext terenkripsi serta menggunakan kunci publik sebagai kunci ketika mendekripsi teks. Anda harus merahasiakan kunci pribadi yang dimiliki untuk mencegah pembobolan atau pencurian data.

Apa Perbedaan Antara 256-bit, 1024-bit Dan 2048-bit Key Length?
Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan enkripsi 256-bit. Selain itu, ada juga enkripsi 1024-bit dan 2048-bit. Ketiganya merupakan kekuatan dari private key (kunci pribadi). Semakin tinggi bit dari private key, maka semakin tinggi tingkat keamanan yang didapat. 2048-bit merupakan standar baru di industri yang dibutuhkan selama proses generasi.
Apa Perbedaan Antara SHA-1 dan SHA-2?
SHA merupakan singkatan dari secure hashing algorithm yaitu keamanan kriptografi. Yang membedakan SHA-1 dan SHA-2 adalah HASH yang dihasilkan serta panjangnya bit tanda tangan. SHA-2 merupakan perbaik dari SHA-1. Panjang bit SHA-1 adalah 160-bit sedangkan SHA-2 adalah 256-bit. Penerbitan sertifikat SSL biasanya menggunakan SHA-2 untuk tingkat konfigurasi yang lebih maksimal.
CA Manakah Yang Mempunyai CA Root Yang Sudah Tersedia Di Browser?
Semua produk SSL yang kami tawarkan sudah menjadi CA root terpercaya yang sudah ada di masing-masing perangkat dan browser-browser terkini. Produk-produk kami sudah mampu berjalan dengan dukungan kompatibilitas browser hampir 100%.
Berapa Lamakah Masa Berlaku SSL Yang Dapat Saya Gunakan?
Perpanjangan sertifikat harus dipertimbangkan demi keamanan website Anda dan data sensitive pelanggan Anda. Pada umumnya, masa berlaku sertifikat SSL adalah 1 sampai 2 tahun.

Validasi Dan Otentikasi

Dokumen Apa Yang Diperlukan Untuk Membeli SSL Certificate Tipe Domain Validasi (DV)?
Otoritas Sertifikat hanya membutuhkan bukti hak atas kepemilikan domain untuk proses validasi sertifikat Domain Validation. Hal ini yang membuat sertifikat ini bisa diterbikan sesegera mungkin hanya dalam hitungan menit.
Dokumen Apa Yang Diperlukan Untuk Membeli SSL Certificate Tipe Extended Validasi (EV)?
Proses penerbitan Sertifikat SSL EV (Extended Validation) membutuhkan dokumen bukti legalitas perusahaan Anda karena proses tersebut cukup ketat guna mendapatkan tingkat keamanan tertinggi.
Dokumen Apa Yang Diperlukan Untuk Membeli SSL Certificate Tipe Validasi Organisasi (OV)?
Kelengkapan dokumen yang membuktikan apakah perusahaan Anda legal atau tidak tentu dibutuhkan untuk proses penerbitan sertifikat ini.

Mengelola Sertifikat SSL

Bagaimana Cara Menambahkan Domain Pada Multi-Domain SSL Certificate atau SAN?
Anda bisa menambahkan atau mengubah domain melalui proses penerbitan ulang sertifikat apabila sertifikat telah diterbitkan. Sebaliknya, jika sertifikat belum diaktifkan, penambahan domain bisa dilakukan selama proses aktivasi.

SSL Tools

Kami menyediakan berbagai tools yang bermanfaat untuk membantu Anda
menangani beberapa masalah paling mendasar secara mandiri
dalam memasang dan mengkonfigurasi SSL.