Secure Socket Layer atau yang biasa disebut SSL merupakan solusi keamanan digital yang sangat diperlukan oleh para pelaku bisnis online yang menggunakan website. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini sebuah website memberikan kemudahan untuk bertransaksi. Proses transaksi mungkin saja cepat dan mudah, tetapi keamanan data atau informasi yang pengguna Internet masukkan harus aman. Oleh karena itu, Sertifikat SSL berperan sangat penting dalam hal ini. Faktanya, semakin aman sebuah website, semakin tinggi juga kepercayaan pelanggan. Salah satu solusi yang tepat untuk mengamankan domain dan sub-domain Anda adalah pemasangan sebuah sertifikat SSL berkualitas.

Ada begitu banyak jenis dan pilihan Sertifikat SSL diluar sana. Bagi para pemula, mungkin agak sedikit sulit untuk memilih produk yang tepat karena minimnya pengetahuan tentang perbedaan setiap jenis SSL dan tidak adanya pengalaman dalam menggunakan sertifikat SSL. Jika Anda hendak membeli sebuah sertifikat SSL, Anda pertama-tama harus bisa membedakan SSL jenis single, multi-domain, dan wildcard guna memudahkan Anda membuat keputusan dan pilihan yang tepat.

Ada perbedaaan diantara single, multi-domain, dan wildcard SSL yang tentu saja harus diketahui terlebih dulu sehingga Anda bisa memilih SSL yang sesuai dengan kebutuhan keamanan digital Anda. Single SSL adalah sertifikat SSL yang digunakan hanya untuk mengamankan satu nama domain saja. Jika Anda membeli SSL dengan nama domain “www.example.com”, Anda tidak bisa mengamankan “www.secondexample.com”. Dengan kata lain, domain yang akan dilindungi keamananannya hanya domain yang Anda daftarkan yang berada pada CSR (Certificate Signing Request). Biasanya, bisnis kecil dan bisnis kelas menengah memilih SSL jenis ini karena mereka hanya memiliki beberapa nama domain atau sub-domain.

Multi-domain SSL bisa menjadi pilihan Anda jika ingin mengamankan banyak nama domain hanya dengan membeli satu sertifikat SSL. Ini memungkinkan Anda untuk menghemat pengeluaran ketika memilih solusi keamanan digital yang dibutuhkan oleh website Anda. Singkatnya, multi-domain SSL adalah sertifikat SSL yang digunakan untuk mengamankan beberapa nama domain (FQDN) dalam satu sertifikat.  Selain populer, sertifikat jenis ini juga tidak mengekspos risiko keamanan. Penting untuk diketahui bahwa multi-domain SSL juga memiliki kekurangan dan masalah. Semakin banyak field SAN yang Anda tambahkan pada sertifikat, semakin besar sertifikat SSL Anda. Hal ini bisa berdampak pada kinerja website Anda. Anda bisa mempertimbangkan sertifikat dengan 5 atau 10 SAN untuk alasan kinerja website.

Sertifikat SSL Wildcard menjadi pilihan lain ketika hendak membeli SSL. Para pelaku bisnis online yang bermaksud menyederhanakan manajemen sertifikat, cenderung memilih sertifikat SSL Wildcard. Wildcard SSL adalah sertifikat SSL yang mengizinkan Anda untuk mengamankan sub-domain level pertama tanpa batas. Dengan kata lain, Anda bisa mengamankan semua sub-domain yang Anda miliki dari sebuah domain utama. Sertifikat ini membuat Anda menghemat lebih banyak uang dan waktu karena Anda mengamankan sub-domain yang tak terhingga dalam satu sertifikat. Meskipun hal ini terdengar menguntungkan, namun penting untuk diketahui bahwa sertifikat ini juga bisa menimbulkan risiko. Jika seseorang memiliki akses yang tidak sah ke kunci pribadi sertifikat SSL Anda untuk membuat website, dia akan sulit mengakses website tersebut. Mungkin saja, web tersebut juga memiliki sertifikat SSL yang validitasnya sempurna sehingga memberinya legitimasi yang tidak patut. Orang tersebut mungkin menggunakan website tersebut untuk kejahatan. Anda harus memiliki kontrol yang cukup atas sertifikat SSL yang dimiliki serta memahami segala risikonya.