Sekarang ini, banyak sekali pemilik website atau mereka yang menjalankan bisnis secara online menggunakan Sertifikat SSL berkualitas dengan cara beli SSL/TLS Sectigo atau brand lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa Sertifikat SSL/TLS melibatkan enkripsi  dan dekripsi agar pesan hanya bisa dibaca oleh pihak yang menggunakan private key dan public key.

Ketika berbicara tentang public key, apakah Anda tahu apa itu Public Key Infrastructure dan bagaimana kerjanya? Public Key Infrastructure (PKI) mungkin menjadi salah sastu topik di dunia kriptografi yang membuat kebanyakan kita bingung. Memang tidak mudah untuk memahami PKI sekalipun Anda merupakan pengguna Sertifikat SSL/TLS yang bagus.

Apa sih Public Key Infrastructure itu?

PKI merupakan sistem yang dibuat khusus untuk mengelola pembuatan, pendistribusian, identifikasi, dan pencabutan public key. Sistem ini terdiri dari serangkaian peran, kebijakan, prosedur, perangkat keras, dan perangkat lunak yang dipercayakan kepada pengguna. Gagasan inti di balik sistem ini adalah untuk memastikan bahwa public key hanya digunakan oleh pemiliknya, bukan orang lain. Informasi dapat dienkripsi dan ditransmisikan dengan aman bahkan tanpa PKI, tetapi dalam hal ini, tidak ada metode apa pun untuk memastikan identitas pengirim.

Mengapa PKI Dibutuhkan?

Sudahkan Anda beli SSL/TLS Entrust atau memperbarui Sertifikat SSL/TLS yang hampir kedaluwarsa? Sebagai pengguna SSL, mengetahui lebih banyak tentang enkripsi dan kebutuhan PKI tentu sangatlah penting. Peran penting enkripsi adalah memastikan transfer data yang aman dari satu end ke end yang lain. Seseorang pada salah satu end mengenkripsi pesan menggunakan public key sedangnkan orang lain di end lainnya menerjemahkan pesan menggunakan private key yang dimilikinya. Mereka yang tidak memiliki public key dan private key tidak bisa membaca pesan yang disampaikan dalam komunikasi terenkripsi. Berdasarkan pada sensitifitas informasi yang dibagikan, harus ada cara lain untuk membuat identitas pemilik public key, dan PKI mengambil peran dalam hal ini.

Apa Hubungan Sertifikat Digital dan PKI?

Public key infrastructure berfungsi karena adanya sertifikat digital. Sertifikat digital layaknya surat izin mengemudi. Sertifikat digital merupakan bentuk dari identifikasi elektrik untuk website dan organisasi. Koneksi aman diantara dua mesin komunikasi tersedia melalui PKI karena identitas kedua pihak dapat diverifikasi melalui sertifikat. Anda tentu bisa membuat sertifikat Anda sendiri untuk kepentingan komunikasi internal. Namun pastikan Anda mendapatkan sertifikat dari Otoritas Sertifikat terpercaya jika sertifikat hendak digunakan untuk website komersial atau sesuatu dalam skala besar. Dengan banyaknya pilihan produk yang tersedia, Anda bisa memilih untuk membeli Sertifikat SSL/TLS yang sesuai dengan kebutuhan keamanan website Anda. biasanya, pengguna SSL membandingkan harga SSL/TLS DigiCert dengan harga produk dari brand lainnya sebelum memilih produk SSL tertentu.

Apa Keuntungan dari PKI dalam Bentuk Sertifikat?

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa penggunaan PKI nampak penting untuk setiap Setifikat SSL. Otentikasi PKI melalui penggunaan sertifikat digital merupakan cara yang paling efektif untuk melindungi data elektrik yang bersifat pribadi.

Apakah Setifikat SSL Menggunakan PKI?

Kriptografi Sertifikat SSL sangat bergantung pada PKI untuk melakukan enkripsi dan dekripsi perubahan public key menggunakan enkripsi simetrik dan asimetrik.

Bagaimana Caranya PKI Bekerja dengan Sertifikat SSL?

Ini tentu merupakan pertanyaan yang sangat bagus. Pertama, server web mengirimkan salinan kunci publik asimetrisnya yang unik ke browser. Kemudian, browser merespon dengan cara menghasilkan kunci sesi simetris dan mengenkripsi dengan kunci publik asimetris yang diterima oleh server. Untuk mendekrispi dan menggunakan session key, server web menggunakan private key asimetris unik yang asli.