Perkembangan teknologi saati ini maju dengan cukup pesat. Praktek mata-mata pun semakin meningkat. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab masalah yang muncul seperti pencurian data rahasia secara digital. Sertifikat SSL hadir sebagai salah satu solusi keamanan yang saat ini digunakan oleh banyak pemilik website. Beberapa tahun yang lalu, situs-situs yang menggunakan protokol http masih terbilang aman karena hanya memiliki sedikit ancaman terhadapa keamanan data di dalamnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, dimana tingkat pencurian data digital semakin mengkhawatirkan, para pemilik website akhirnya beralih ke https dengan memanfaatkan keberadaaan SSL yang bisa melindungi data-data sensitif. Karena memiliki banyak celah, http mulai ditinggalkan dan https menjadi pilihan terbaik. Perbedaan utama antara http dan https adalah tingkat keamanan untuk setiap bentuk komunikasi antara browser dan pengguna Internet serta website yang dikunjungi.

Browser pengguna dan website Anda tidak bisa diretas ketika Anda menggunakan sertifikat SSL terbaik. Hal ini dikarenakan orang yang tidak berkepentingan tidak dapat membaca atau menafsirkan komunikasi dan data yang ada. Untuk mendapatkan sertifikat SSL dengan tingkat keamanan yang sesuai dengan keiniginan dan kebutuhan, pastikan bahwa Anda mendapatkannya dari otoritas yang diakui, terlebih oleh dunia. Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa website perlu sebuah SSL.

Menghentikan Pencurian Informasi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, pencurian data secara digital sangat mungkin dan bahkan marak dilakukan sehingga menjadi masalah keamanan yang cukup besar bagi para pengguna Internet. Teknologi enkripsi yang dimiliki sertifikat SSL melindungi data antara server web dan browser. Hanya server yang dituju yang bisa membaca data terenkripsi untuk memastikan bahwa data ditransfer dengan aman. Penambahan karakter acak ke informasi yang dikirimkan merupakan cara yang dilakukan pada saat enkripsi data sehingga hanya bisa diakses menggunakan kunci enkripsi. Dengan kata lain, seseorang yang tidak memiliki kunci tersebut tidak akan bisa membaca data tersebut. Jadi, rencana pencurian data bisa digagalkan karena website Anda kini menggunakan SSL.

Pengunjung Website Anda Merasa Aman

Keamanan informasi menjadi lebih penting dari sebelumnya karena meningkatnya pencurian identitas. SSL terbaik memastikan bahwa keamanan setiap pengunjung website Anda berada pada tingkat terbaik sehingga mereka merasa aman dan percaya. Hal ini kemudian berdampak pada keputusan mereka untuk melakukan transaksi pada website Anda yang juga berpengaruh terhadap peningkatan penjualan dan pendapatan bisnis Anda.

Suatu Keharusan untuk Pembayaran Online

Apakah Anda belum pernah menggunakan atau membeli SSL sebelumnya? Jika Anda baru bergabung dengan bisnis online dan sedang mencari solusi SSL Indonesia terbaik, ada hal penting yang harus diketahui. SSL merupakan persyaratan untuk website apa pun yang menerima pembayaran dengan enkripsi minimal 128-bit. Anda harus memasang SSL pada website Anda jika Anda memiliki situs e-commerce dan memiliki pilihan pembayaran kartu kredit. Hal ini dimaksudkan untuk mengamankan informasi sensitif pelanggan dan pengunjung website Anda termasuk informasi tentang kartu kredit.

Mempengaruhi Hasil SEO

Salah satu cara untuk meningkatkan hasil dari Search Engine Optimization (SEO) adalah dengan menggunakan sertifikat SSL. Google mengutamakan website yang menggunakan sertifikat SSL ketika mengatur ranking di halaman mesin pencarian. Dengan menggunakan SSL yang tepat, Anda memiliki kesempatan untuk menaikkan ranking yang juga akan berpengaruh terhadap trafik website Anda. Hal ini tentu memberikan keuntungan tersendiri untuk hasil penjualan bisnis online Anda.

Hal lain yang harus diketahui adalah bahwa Google menandai setiap website yang masih menggunakan protokol http sebagai website yang tidak aman. Jika hal ini terjadi pada website Anda, tentu akan merusak reputasi online Anda karena pengunjung tidak lagi percaya akan keamanan website Anda. Sebaliknya, mereka semakin khawatir akan pencurian data yang mereka masukkan pada website Anda. Sekarang Anda tahu pasti mengapa sertifikat SSL sangat penting untuk setiap website.