Sebagian besar mesin pencari mengenkripsi data pencarian Anda, terlepas dari apakah mereka melacak Anda atau tidak. Ini adalah bagaimana mesin pencari melindungi informasi penggunanya. Google, yang mengumpulkan banyak data pengguna, berkewajiban untuk melindungi informasi tersebut. Enkripsi dari sebuah SSL merupakan standar untuk melindungi informasi sensitif serta untuk mesin pencari dan situs web lainnya. Hal ini yang kemudian mendorong para pemilik website untuk memasang Sertifikat SSL/TLS dengan beli SSL/TLS Sectigo.

Jika Anda berencana untuk memasang Sertifikat SSL/TLS berkualitas, pastikan Anda mendapatkan produk yang memang dikeluarkan oleh Otoritas Sertifikat (Certificate Authority) terpercaya di dunia. Hal ini dimaksudkan agar sertifikat yang dipasang benar-benar bekerja sebagaimana mestinya dalam hal keamanan digital.

Jadi, apa itu enkripsi? Enkripsi merupakan bentuk modern dari kriptograpi yang mengizinkan pengguna untuk menyembunyikan informasi dari orang lain. Tentunya, enkripsi menggunakan algoritma yang komplek yang disebut cipher untuk mengacak atau mengenkripsi data dan kemudian menggunakan kunci agar pihak penerima bisa menguraikan atau mendekripsi informasi. Pesan yang terkandung dalam pesan terenkripsi disebut sebagai plaintext. Pesan dalam bentuk terenkripsi dan tidak terbaca adalah ciphertext.

Sudahkah Anda memilih Sertifikat terbaik dengan terlebih dahulu mempertimbangkan harga SSL/TLS Sectigo? Penggunaan teknologi enkripsi dari sebuah Sertifikat SSL/TLS harus dipertimbangkan karena perannya itu sendiri. Enkripsi membantu Anda tetap aman ketika melakukan apapun termasung browsing di situs web, berbelanja online, dan membaca email pada komputer atau perangkat seluler. Keamanan dalam hal ini menjadi kritikal guna melindungi data dan sistem serta melindungi Anda dari pencurian identitas.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa enkripsi melibatkan kunci. Namun, apakah Anda tahu bagaimana kunci tersebut dihasilkan? Biasanya, kunci dihasilkan dengan generator nomor acak. Sistem modern yang memiliki kerahasiaan melibatkan pembuatan kunci baru untuk setiap sesi guna menambah lapisan keamanan lainnya.

Sebelum Anda beli SSL/TLS DigiCert atau brand lainnya, ada banyak hal yang harus diketahui yang berhubungan dengan enkripsi yang digunakan dalam pemasangan Sertifikat SSL/TLS, seperti:

Private Key

Merupakan kunci yang dipasangkan dengan public key untuk mengatur algoritma enkripsi dan dekripsi. Kedua belah pihak harus memiliki kunci (key) yang sama sebelum menerima komunikasi yang aman.

Public Key

Merupakan kunci enkripsi yang dipublikasikan dan tersedia untuk digunakan oleh setiap orang. Akan tetapi, hanya pihak penerima yang memiliki akses kunci dekripsi yang kemudian mengizinkan mereka untuk membaca pesan.

Cipher

Merupakan sebuah algoritma yang digunakn baik untuk proses enkripsi dan dekripsi. Ini merupakan rangkaian langkah yang kemudian diikuti sebagai prosedur untuk mengenkripsi informasi. Ada dua jenis chiper yaitu block cipher dan stream cipher.

Algorithm

Algoritma adalah prosedur yang diikuti oleh proses enkripsi. Algoritma spesifik disebut dengan cipher atau code. Tentu saja, ada begitu banyak jenis algoritma enkripsi. Tujuan dari enkripsi dan tingkat keamanan berperan penting dalam menentukan manakah solusi yang lebih efektif. Beberapa contoh dari algoritma enkripsi adalah Triple DES, RSA, dan Blowfish.

Decryption

Merupakan proses pertukaran text tidak terbaca menjadi informas terbaca yang hanya bisa dibaca. Hal ini tentu mencegah pencurian data yang bisa dilakukan kapan saja oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cryptanalysis

Merupakan studi tentang cipher dan cryptosystem untuk menemukan kelemahan di dalamnya yang akan memungkinkan akses ke informasi tanpa mengetahui kunci atau algoritma.

Frequency Analysis

Merupakan teknik yang digunakan untuk membuka cipher. Mereka yang mencoba mendekripsi pesan akan mempelajari frekuensi huruf atau grup huruf dalam ciphertext. Beberapa huruf muncul lebih sering dibandingkan yang lain. Frekuensi huruf dapat mengungkapkan bagian dari pesan terenkripsi. Meskipun metode ini efektif dalam memecahkan metode enkripsi lama, sayangnya metode ini tidak efektif untuk enkripsi modern.