Para pengguna Internet mungkin tidak sadar bahwa penggunaan Internet datang dengan beberapa masalah besar. Percaya atau pun tidak, ada begitu banyak website yang menyimpan password dengan tidak aman. Untuk memastikan bahwa website aman termasuk password dan bahkan informasi sensitif disimpan dengan aman, pemasangan Sertifikat SSL/TLS berkualitas harus dilakukan.

Yang akan Terjadi Jika Password Bocor

Ketika berbicara tentang keamanan digital, salah satu kekhawatiran terbesar adalah kebocoran password. Lalu apa yang akan terjadi jika hal tersebut terjadi?

  • Seseorang atau pihak tidak bertanggung jawab memiliki akses pada akun (yang passwordnya bocor) termasuk semua informasi yang tersimpan dengan layanan tersebut seperti email, pertanyaan keamana, alamat, dll.
  • Jika Anda tetap menggunakan password yang sama di tempat lain, akun-akun tersebut sangat beresiko yang berarti bahwa Anda memberikan mereka akses pada setiap infomrasi yang disimpan dengan layanan tersebut.

Ada beberapa cara untuk meminimalisir bahkan menghindari masalah tersebut. Namun, akun lebih baik jika terlebih dahulu memastikan bahwa website tersebut menggunakan Sertifikat SSL terbaik. Salah satu tanda penggunaan Sertifikat SSL/TLS adalah adanya simbol gembok di samping URL dan juga HTTPS sebagai ganti HTTP di awal URL sebuah website. HTTPS mengindikasikan bahwa website aman dengan adanya pemasangan sertifikat digital (Sertifikat SSL).

Untuk perlindungan tertinggi, sebuah website biasanya menggunakan Sertifikat Extended Validation (EV) yang hadir dengan fitur green bar. Fitur ini bisa menampilkan nama organisasi di address bar pada beberapa browser. Hal ini dilakukan guna meyakinkan pengunjung dan pelanggan bahwa pemilik website sangat memperhatikan keamanan data dari para pengunjung. Kemudian, mereka tidak hanya merasa aman tetapi juga aman untuk bertransaksi atau melakukan kegiatan lainnya yang melibatkan data pribadi yang bersifat sensitif. Biasanya sertifikat EV digunakan oleh website e-commerce, enterprise, atau insitusi keuangan seperti bank.

Sebagai pengunjung, Anda juga bisa mengklik ikon gembok di samping URL untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang organisasi yang mengelola website serta sertifikat apa yang digunakan.

Cara Melindungi Terhadap Website yang Menyimpan Password Secara Tidak Aman

Ketika mengetahui kemungkinan kebocoran password dan informasi terkait lainnya, Anda mungkin mulai bertanya tentang cara melindungi terhadap website yang menyimpan password secara tidak aman. Hal tersebut tentu bergantung pada pengelolaan akun pribadi dan password. Berikut adalah beberapa aturan yang harus diikuti.

Jangan Pernah Gunakan Password yang Sama dalam Beberapa Website

Hampir setiap orang memiliki masalah yang sama ketika membuat password baru, yaitu tidak bisa mengingat password mereka terlebih ketika mereka memiliki beberapa akun berbeda. Untuk mengantisipasi ini, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan password manager yang akan menyimpan daftar akun pengguna dan password yang dilindungi oleh satu password master. Dengan kata lain, Anda hanya perlu mengingat password master tersebut.

Jangan Pernah Memasukan Informasi pada Akun Anda yang Tidak Dibutuhkan oleh Website yang Anda Kunjungi

Faktanya, ini masih menjadi masalah besar karena banyak website yang meminta informasi yang sebetulnya tidak begitu dibutuhkan. Kebanyakan website meminta Anda untuk memasukkan tanggal ulang tahun dan kemudian Anda harus memverifikasi informasi tersebut saat Anda harus memulihkan akun.

Gunakan Email yang Berbeda untuk Setiap Akun yang Dibuat

Perlindungan semacam ini mungkin menjadi bahan pertanyaan tapi hal tersebut sangat berguna untuk alasan keamanan lainnya.