Masih banyak yang belum benar-benar mengerti mengapa mereka harus mengamankan website menggunakan Sertifikat SSL. Di pasaran, bahkan tersedia SSL/TLS termurah sehingga tidak ada alasan untuk tidak memberikan keamanan pada pengunjung website. Bukan lagi menjadi rahasia jika sertifikat digital (SSL) mampu memberikan keamanan yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. untuk tingkat keamanan terbaik, pastikan untuk mendapatkan SSL/TLS berkualitas meskipun produk semacam ini biasanya hadir dengan harga yang sedikit lebih mahal. Salah satu alasan yang tepat untuk penggunaan SSL/TLS adalah pelanggan semakin memperhatikan keamanan online dan bertanya-tanya apakaha informasi pribadi mereka dilindungi dengan benar sering dengan meningkatnya transaksi online.

Secure Socket Layer (SSL) akan melindungi data setiap pengunjung website sehingga mereka merasa aman dan percaya pada brand Anda. Setiap jenis website bahkan blog penting menggunakan Sertifikat SSL/TLS Indonesia. Salah satu jenis Sertifikat SSL/TLS yang tersedia adalah SSL Domain Validation (DV).

Lalu apa itu Domain Validation (DV)? SSL DV adalah sertifikat digital yang diperiksa dan dikeluarkan oleh Otoritas Sertifikat (Certificate Authority) yang proses validasinya termudah dan tercepat jika dibandingkan dengan jenis lainnya Organization Validation (OV) dan Extended Validation (EV). Sertifikat digital ini membuat koneksi online yang aman guna melindungi interaksi pengguna dan data sensitif mereka. Website dengan enkripsi SSL/TLS memiliki simbol gembok (padlock) dan HTTPS diawal URL yang menjadi indikator keamanan. Website dengan HTTPS akan ditandai sebagai website yang aman bagi siapa saja yang ingin mengunjunginya. Sebelum mengunjungi sebuah website, Anda bisa mulai dengan melihat apakah website tersebut masih menggunakan HTTP atau sudah menggunakan HTTPS.

Otoritas Sertifikat hanya melakukan verifikasi bahwa pembelian sertifikat dalam kontrol domain website untuk setiap penerbitan Sertifikat SSL DV. Diantara tiga jenis level Sertifikat SSL/TLS, Sertifikat SSL DV menawarkan level otentikasi yang lebih dasar dan sederhana sehingga sertifikat bisa segera diterbitkan hanya dalam hitungan menit. Mereka yang memilih sertifikat digital ini bisa segera mengamankan website guna menambah kepercayaan dari pengunjung website dan pelanggan setia.

Selain Sertifikat SSL DV, ada dua jenis lainnya yaitu Organization Validation (OV) dan Extended Validation (EV) yang membutuhkan level validasi yang lebih tinggi. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pengguna berinteraksi dengan mereka dengan aman dengan entitas yang sah yang mereka maksud untuk berinteraksi. Untuk setiap penerbitan Sertifikat SSL OV dan EV, Otoritas Sertifikat harus terlebih dahulu melakukan verifikasi keberadaan organisasi atau perusahaan dan EV membutuhkan dokumen yang lebih banyak. Sertifikat SSL EV menampilkan nama perusahaan pemilik sertifikat pada Address Bar Browser dengan tampilan Green Bar. Karena Sertifikat SSL DV hadir dengan level otentikasi yang paling rendah, Anda mungkin ingin tahu apa saja kelebihan dan kekurangan sertifikat digital jenis ini.

Kelebihan

  • Mudah didapatkan karena perusahaan bisa mendapatkan persetujuan untuk penerbitan sertifikat melalui telepon atau email
  • Proses yang cepat dimana proses untuk mendapatkan Sertifikat DV sangatlah sederhana karena sertifikat ini biasanya otomatis
  • Terjangkau karena hadir dengan tingkat harga yang rendah dibandingkan sertifikat jenis lainnya. Bahkan ada yang disediakan secara gratis

Kekurangan

  • Tingkat validasi yang rendah karena hanya membutuhkan verifikasi kepemilikan atas nama domain calon pemilik sertifikat
  • Kurangnya dukungan (terutama sertifikat yang gratis) karena tidak hadir dengan dukungan atau tool manajemen
  • Setiap pemilik website termasuk Anda bisa memilih Sertifikat SSL DV jika website hanya diakses oleh pihak dengan jumlah yang terbatas, sebagai contoh adalah website internal perusahaan atau organisasi. Sertifikat tentu bisa menjadi pilihan yang tepat jika pengunjung tidak harus memasukan data apapun. Biasanya website yang dilindungi dengan DV tidak berfokus atau bergantung pada kepercayaan pelanggan.