Saat ini, semakin banyak orang yang melakukan pembelian produk atau jasa melalui website. Pembelian online memang memberikan kemudahan namun seringnya pembeli harus memberikan data pribadi untuk menyelesaikan pesanan atau pembelian mereka. Sayangnya, tidak semua oran mengetahui bahaya dari memberikan data pribadi pada website yang tidak terenkripsi. Ada berbagai resiko dari setiap kunjungan Anda pada website tanpa enkripsi. Website akan terenkripsi jika dilindungi menggunakan Sertifikat SSL/TLS berkualitas.

Untuk mendapatkan produk yang sesuai, Anda bisa beli SSL/TLS GlobalSign dengan menghubungi penyedia Sertifikat SSL/TLS yang terpercaya. Mengapa harus membeli SSL/TLS sedangkan Anda bisa mendapatkan yang gratis? Mendapatkan produk gratisan memang terdengar menyenangkan, namun Anda juga harus mempertimbangkan kekurangannya.

Apakah Anda yakin bahwa Sertifikat SSL/TLS gratis akan bekerja sebaik produk berbayar? Anda mungkin bertanya-tanya mengapa produk berbayar jauh lebih baik dengan terlebih dahulu mempertimbangkan harga SSL/TLS GlobalSign. Pertanyaan semacam ini sering kami dapatkan terutama dari mereka yang belum pernah melindungi website mereka menggunakan Sertifikat SSL/TLS.

Keputusan untuk memilih Sertifikat SSL/TLS gratis dan berbayar tergantung pada berbagai faktor, terutama kebutuhan Anda dalam penggunaan SSL/TLS yang bagus. Setiap Sertifikat SSL/TLS melakukan enkrispi, dan tingkat enkripsi dari Sertifikat SSL/TLS gratis dan berbayar mungkin saja sama. Kekuatan enkripsi mempunyai peranan penting dalam penggunaan Sertifikat SSL/TLS untuk hal keamanan digital. Jika Anda yakin tidak akan mengalami masalah pada saat pemasangan dan pengelolaan sertifikat, maka SSL/TLS gratis tetap bisa menjadi pilihan yang bagus.

Apakah Anda pemilik situs web e-commerce? Atau apakah website Anda adalah website pemerintahan? Untuk jenis website seperti ini, akan lebih baik jika tidak menggunakan Sertifikat SSL/TLS gratis. Sebagai gantinya, Anda bisa beli SSL/TLS Sectigo terutama jika perusahaan Anda merupakan perusahaan kelas enterprise. Sectigo menawarkan beberapa produk yang didesain untuk enterprise seperti Sectigo EnterpriseSSL Pro SSL.

Jadi, apa yang membuat Sertifikat SSL/TLS gratis dan berbayar berbeda? Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa Anda selalu mendapatkan apa yang dibayarkan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Sertifikat SSL/TLS berbayar namun tidak bisa dilakukan oleh sertifikat gratisan.

Sertifikat SSL/TLS gratis biasanya hanya melakukan autentikasi domain untuk setiap penerbitan sertifikat. Pada saat pengguna Internet mengunjungi website Anda, mereka hanya bisa melihat tampilan https yang kemudian diikuti nama domain Anda tanpa mengetahui siapa yang menjalankan website tersebut meskipun bisnis yang Anda jalankan memang bisnis yang legal dan nyata.

Kenyataannya, Sertifikat SSL/TLS berbayar memiliki tingkat validasi yang lebih tinggi sehingga bisa menyediakan rincian yang terverifikasi. Selain bisa melihat nama domain dengan tampilan https pada Address Bar Browser, para pengunjung website juga bisa mengetahui nama perusahaan atau organisasi di belakangnya. Hal ini bisa menambah kepercayaan mereka terhadap website Anda. inilah yang dinamakan dengan autentikasi bisnis yang hanya tersedia dari Otoritas Sertifikat komersial. Proses autentikasi tersebut juga memerlukan waktu guna memastikan bahwa organisasi tersebut memang legal.

Keuntungan lain dari Sertifikat SSL/TLS berbayar adalah dukungan dan fitur yang diberikan. Ketika hendak menggunakan sebuah sertifikat untuk mengamankan data secara digital, maka Anda juga harus mempertimbangkan hal-hal lain yang bisa terjadi bahkan sesaat setelah sertifikat dipasang. Dukungan dan fitur yang diberikan membuat produk SSL/TLS berbayar menjadi pilihan investasi yang tepat karena SSL/TLS gratis tidak bisa melakukannya.

Lalu, mengapa bisnis tingkat enterprise tidak boleh menggunakan Sertifikat SSL/TLS gratis? Sebenarnya, mereka boleh saja menggunakannya tapi enterprise memiliki infrastruktur yang banyak yang mungkin membutuhkan bahkan ribuan sertifikat. Jika membeli sertifikat sebanyak itu bisa menghabiskan banyak uang, maka yang harus dipertimbangkan adalah solusi Public Key Infrastructure (PKI) terkelola dimana mereka bekerja dengan Otoritas Sertifikat untuk menghasilkan root certificate mereka sendiri, yang kemudian diinstal di root store dari semua titik akhirnya sehingga dapat mengeluarkan sertifikat tepercaya untuk jaringan internal atau intranet apa pun yang dimilikinya.