Sertifikat SSL/TLS menjadi solusi keamanan terbaik yang bisa digunakan. Namun, memilih sertifikat SSL/TLS terbaik bukan hal mudah. Jika biasanya Anda memilih SSL/TLS gratis, kini Anda bisa mulai dengan SSL/TLS termurah yang memang sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Apakah Anda memiliki blog, website perusahaan, atau platform e-commerce? Memasang sertifikat SSL/TLS adalah menjadi hal wajib di zaman sekarang ini. Anda tentu tahu alasan penting dari penggunaan sebuah sertifikat SSL/TLS yaitu keamanan yang harus terjamin ketika seseorang mengunjungi website Anda terlebih ketika hendak melakukan pembelian atau pemesanan. Pencuri data atau informasi sensitif kini semakin banyak dan membahayakan. Anda bisa membayangkan apa yang akan terjadi ketika data sensitif pelanggan Anda bisa dicuri oleh pihak tidak bertanggung jawab. Seperti yang kita ketahui bahwa pelanggan merupakan aset penting bagi sebuah bisnis, terutama ketika Anda menjalankan bisnis secara online dengan memanfaatkan website atau platform e-commerce. Hal ini juga yang membuat kebutuhan penggunaan SSL/TLS semakin meningkat. Namun, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum Anda beli sertifikat SSL/TLS.

Apa itu SSL/TLS

Sertifikat SSL/TLS mengamankan data yang ditransfer antara server dank lien. Dengan kata lain, setiap informasi yang dikirim atau diterima dilindungi menggunakan enkripsi. Perlindungan seperti ini sangat penting terutama yang berhubungan dengan rincian kartu kredit, rincian akun bank, kata kunci, dan informasi sensitif lainnya. Perlindungan seperti ini bisa mencegah pelanggaran data dan serangan man-in-the-middle atau yang lebih dikenal dengan MITM. Dalam istilah awam, SSL/TLS bisa diibaratkan sebagai segel amplop.

Tidak Semua Sertifikat SSL/TLS Itu Sama

Jika Anda belum pernah menggunakan Sertifikat SSL/TLS sebelumnya, mungkin ada belum tahu betul bahwa ada beberapa jenis SSL/TLS, yaitu Domain Validation (DV), Organization Validation (OV), dan Extended Validation (EV). Domain Validation adalah SSL/TLS yang diterbitkan dengan proses validasi yang tercepat dan termudah. Certificate Authority atau Otoritas Sertifikat hanya membutuhkan nama domain untuk proses verifikasi. Organization Validation atau biasa juga disebut sebagai validasi bisnis adalah SSL/TLS yang diterbitkan setelah Otoritas Sertifikat melakukan verifikasi bisnis Anda. Selain itu, Anda harus memberikan dokumen yang diminta untuk proses verifikasi ini. Informasi perusahaan Anda kemudian akan ditampilkan di sertifikat SSL/TLS. Sedangkan Extended Validation diterbitkan setelah Otoritas Sertifikat memverifikasi kepemilikan usaha Anda. Dokumen yang dibutuhkan berupa rincian perusahaan dan kepemilikan usaha. Rincian tersebut kemudian akan ditampilkan pada sertifikat dan pada Green Bar di Browser Bar.

Nama Brand Sertifikat SSL/TLS

Ketika Anda menginginkan SSL/TLS, pastikan Anda hanya memilih produk dari Otoritas Sertifikat terpercaya. Ada beberapa brand terpercaya di dunia, seperti DigiCert, Symantec, Entrust, Sectigo (dahulu bernama Comodo), GeoTrust, Thawte, RapidSSL, dan GlobalSign.

Level Enkripsi

Enkripsi bekerja untuk mengamankan data namun setiap produk SSL/TLS memiliki tingkat enkripsi yang berbeda. Semakin tinggi enkripsi dari sebuah SSL/TLS, semakin tinggi pula tingkat keamanan yang diberikan. Jika Anda ingin mengamankan rincian kartu kredit, level enkripsi terendah adalah 128-bit. Beberapa SSL/TLS bahkan memiliki tingkat enkripsi yang lebih rendah yang memang disesuaikan dengan kebutuhan keamanan.

SSL/TLS Bukan Satu-satunya Solusi Keamanan

Sayangnya, kebanyakan dari kita percaya bahwa memasang SSL/TLS berarti mengamankan website. Faktanya adalah SSL/TLS hanya mengamankan data pada saat proses pertukaran terjadi. Dengan kata lain, SSL/TLS tidak mengamankan informasi yang disimpan pada sistem atau server Anda. SSL/TLS memang bagian penting dari keamanan website, namun bukan segalanya.

Fitur tambahan

Bingung memilih Otoritas Sertifikat karena banyaknya pilihan produk yang ditawarkan? Anda bisa mempertimbangkan brand yang menawarkan fitur tambahan termasuk tool yang bisa digunakan untuk melengkapi kebutuhan keamanan website Anda.

Pilihan Dua Tahun

Pemilihan SSL/TLS tentu disesuaikan dengan kebutuhan. Namun saat ini, sertifikat SSL/TLS tersedia untuk masa berlaku dua tahun. Jika Anda memilih opsi ini, biasanya Anda akan mendapatkan potongan harga.