Saat ini, memilih Sertifikat SSL/TLS Indonesia yang tepat nampaknya lebih menantang dibandingkan sebelumnya. Sebagai pemilik website, Anda mungkin tertarik untuk mendapatkan produk gratis, akan tetapi kualitas harus selalu menjadi pertimbangan utama terlebih dengan banyaknya pilihan yang tersedia.

Terlepas dari apapun alasan Anda memasang SSL/TLS, Anda juga harus berhati-hati terhadap kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada saat pemasangan SSL/TLS tersebut. Anda harus memikirkan hal tersebut bahkan sebelum memutuskan untuk beli SSL/TLS Sectigo.

Faktanya, mendapatkan Sertifikat SSL/TLS terbaik tidak dinilai dari seberapa murah harga SSL/TLS Sectigo yang didapatkan. Untuk memastikan hasil terbaik dari pemasangan sebuah SSL/TLS dimana Anda bisa mengamankan data pada website Anda, pastikan Anda juga mengetahui bagaimana caranya agar tidak pernah melakukan kesalahan meski yang nampak sepele sekalipun. Akan lebih baik jika menggunakan jasa dari seorang ahli meskipun harus mengeluarkan uang lebih. Anggap saja ini sebagai sebuah investasi jangka panjang, dimana Anda juga benar-benar mendapatkan keuntungan dari penggunaan sebuah Sertifikat SSL/TLS.

Beberapa kesalahan dalam pemasangan Sertifikat SSL/TLS yang sering terjadi dan harus dihindari adalah:

Memilih Otoritas Sertifikat yang Salah

Pastikan untuk tidak memilih Otoritas Sertifikat yang salah. Pentin untuk memastikan bahwa Otoritas Sertifikat yang dipilih adalah yang terpercaya, yang berarti bahwa browser telah memberikan izin pada mereka untuk menerbitkan Sertifikat SSL/TLS berkualitas. Yang harus diingat adalah tidak semua Otoritas Sertifikat itu sama. Sah sah saja jika Anda ingin menghemat dana dalam pembelian sebuah Sertifikat SSL/TLS tapi jangan lupa juga untuk mempertimbangkan keuntungan jangka panjang yang akan didapatkan. Otoritas Sertifikat terpercaya biasanya tidak hanya menawarkan jaminan tetapi juga melengkapi produk mereka dengan solusi keamanan lainnya seperti segel situs yang berguna untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan pengunjung website.

Tergoda untuk Menandatangi Sertifikat SSL/TLS yang Dibeli

Jangan pernah menandatangani SSL/TLS Anda sendiri. Menandatangani berarti Anda mengizinkan diri Anda sendiri. Lalu, bagaiman pelanggan dan pengunjung website akan percaya akan kemanan website Anda? Browser akan memperingatkan pengunjung website perihal ketidakamanan dan kepercayaan website Anda jika Anda memaksakan diri untuk menandatangani sertifikat tersebut.

Kesalahan Dalam Certificate Signing Request

Sertifikat tidak bisa dihasilkan jika Certificate Signing Request atau CSR tidak dilakukan dengan benar. Proses CSR berbeda-beda tergantung pada software yang digunakan. Proses ini tentu membutuhkan waktu. Jadi, jika Anda terburu-buru dalam proses tersebut, maka kemungkinan terburuknya adalah sertifikat tidak bisa diterbitkan.

Kesalahan Dalam Proses Validasi

Sebelum menerbitkan SSL/TLS, Otoritas Sertifikat harus memeriksa Anda dan organisasi Anda. Jika Anda ingin sertifikat diterbitkan dalam waktu yang singkat, masa Domain Validation (DV) bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda hanya perlu memiliki informasi WHOIS registry dan merespon email yang dikirmkan pada Anda. untuk Sertifikat SSL/TLS yang lebih baik seperti Organization Validation (OV) dan Extended Validation (EV), Anda diharuskan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan termasuk mengumpulkan dokumen yang diminta. Meskipun proses validanya lebih lama dibandingkan dengan Domain Validation (DV), tingkat keamanan yang didapatkan lebih tinggi sehingga pelanggan dan pengunjung website semakin percaya pada Anda dan bisnis Anda perihal keamanan.

Kesalahan Dengan Kunci Privasi (Private Key) Anda

Pada saat menghasilkan Certificate Signing Request (SCR), komputer Anda juga membuat file yang diketahui sebagai Private Key. Kunci ini sangat penting karena bekerja untuk membuatka komunikasi terenkripsi yang dilalui dari browser pengunjung Anda ke web server Anda. tanpa kunci tersebut, sertifikat tidak akan bekerja sama sekali. Menjaga keamanan private key Anda sangatlah penting dan pastikan bahwa tidak ada pihak lain yang mengetahui informasi tersebut.

Tidak Mencoba Setelah Pemasangan

Sangat penting untuk memastikan bahwa sertifikat Anda benar-benar bekerja sebagaimana mestinya. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengunjungi website menggunakan protokol HTTPS dengan diikuti nama domain Anda. jika ikon gembok atau Green Bar (untuk Sertifikat jenis EV) muncul di Address Bar Browser, maka bisa dipastikan sertifikat Anda akan bekerja dengan baik.