Sebuah website mempunyai peran penting bagi perkembangan setiap bisnis pemiliknya. Namun sayangnya, masih banyak yang mengabaikan hal-hal apa saja yang diperlukan untuk memelihara website yang mereka miliki, termasuk keamanan. Saat ini, keamanan sebuah website menjadi salah satu perhatian karena banyaknya kasus peretasan data pribadi dan serangan malware. Pernahkan Anda berfikir untuk beli Sertifikat SSL/TLS Indonesia ketika berusahan untuk memberikan keamanan terbaik untuk website Anda? pada umumnya, ada begitu banyak cara untuk memelihara keamanan sebuah website.

Saat ini, penggunaan Sertifikat SSL/TLS yang tepat tentu memberikan dampak yang cukup besar untuk keamanan website dan data yang ada didalamnya. Apakah Anda bermaksud beli SSL/TLS RapidSSL? Sebelum membuat keputusan terbaik, alangkah baiknya untuk mengetahui beberapa hal yang bisa dilakukan menjaga bahkan meningkatkan keamanan website e-commerce.

Melakukan Update pada Software

Sangat penting untuk memastikan bahwa platform yang Anda pasang selalu diperbarui. Sayangnya, begitu banyak website yang memiliki perangkat lunak yang usang dan tidak aman. Penting untuk diketahui bahwa sebagian besar serangan website bersifat otomatis. Oleh karena itu Anda harus lebih cepat dalam melakukan pembaruan. Akan lebih baik jika pembaruan atau update dilakukan secara otomatis untuk meminimalisir kemungkinan serangan pada website Anda.

Meggunakan Https Sebagai Ganti Http

Apakah website Anda masih menggunakan Http? Ketika memutuskan untuk mencari informasi seputar harga SSL/TLS RapidSSL, Anda mungkin sudah mengetahui bahwa Https adalah pilihan terbaik untuk menggantikan Http karena mesin pencari, terutama Google akan menandai website Anda sebagai website yang tidak aman jika belum menggunakan Https. Https merupakan protokol yang digunakan untuk memberikan keamanan di Internet. Https menjamin keamanan data setiap pengguna dengan adanya enkripsi. Dengan kata lain, informasi yang bersifat sensitif seperti nomor kartu kredit dan login kredensial ditransmisi dengan aman. Https merupakan indikasi bahwa website Anda telah dilindungi oleh Sertifikat SSL/TLS. Anda bisa memilih SSL/TLS yang bagus dengan beragam produk yang ditawarkan saat ini.

Memilih Hosting yang Aman

Memilih hosting yang aman dari perusahaan web hosting terpercaya tidak kalah penting dari cara-cara lain dalam meningkatkan keamanan website. Pastikan bahwa hosting yang dipilih adalah yang selalu menyadari akan ancaman sehingga website Anda selalu terlindungi.  Selain itu, hosting Anda juga harus melakukan back up data dan melakukan restore dengan mudah pada saat website Anda diretas.

Menggunakan Tools untuk keamanan website

Mungkin saja Anda berfikir bahwa Anda sudah melakukan segalanya untuk keamanan website. Akan lebih baik jika Anda menguji keamanan website Anda dan penggunaan security tools merupakan cara yang paling efektif. Anda bisa memanfaatkan keberadaan Sectigo Hackerguardian PCI Scan Control Center. Tool ini bahkan bisa didapatkan secara gratis dalam rentan waktu tertentu ketika Anda memilih produk dari Sectigo yang dilengkapi dengan tool tersebut. Tentu saja Anda juga bisa menggunakan tools yang bisa didapatkan secara gratis namun pastikan Anda selalu berhati-hati dalam menggunakannya.

Memeriksa Password

Hampir semua orang tahu bahwa mereka harus menggunakan password yang rumit. Sayangnya, tidak semua orang melakukannya. Anda harus bisa menekankan penggunaan password yang kuat pada area server dan admin di website Anda.  Setiap pengguna juga harus menyadari pentingnya penggunaan password yang kuat karena akan mampu melindungi keamanan akun dan data pribadi didalamnya.

Selain cara-cara diatas, Anda juga bisa melakukan hal lain yang memang dipercaya bisa meningkatkan atau setidaknya menjaga keamanan website Anda. Bagaimanapun juga, website merupakan investasi yang Anda miliki ketika menjalankan bisnis secara online.