Begitu banyak kegiatan yang bergantung pada keberadaan Internet bahkan untuk berbelanja atau menyewa sebuah jasa pun, kita sering memanfaatkan keberadaan Internet. Sayangnya, ini juga berbanding dengan banyaknya kejahatan online, termasuk penipuan dan pencurian data yang tentu semakin mengkhawatirkan para pengguna Internet. Sebagai pebisnis online, Anda harus bisa mencari solusi keamanan yang berpengaruh pada kenyamanan dan kepercayaan pelanggan Anda. Sertifikat SSL/TLS Indonesia diketahui sebagai salah satu solusi keamanan digital karena kemampuannya dalam melindungi data dengan teknologi enkripsi.

Memilih penyedia SSL/TLS terpercaya seperti GeoTrust, DigiCert, Entrust, GlobalSign, Sectigo, RapidSSL, dan Thawte sangat penting namun tidak mudah dan bisa menjadi sebuah tantangan. Ada beberapa masalah yang mungkin dihadapi pada saat memilih penyedia SSL/TLS yang tepat. Kebanyakan dari kita mungkin lebih cenderung memilih kata kunci murah, yang lebih murah, diskon, pilihan terbaik, atau sejenisnya ketika melakukan pencarian melalui mesin pencari. Tentu saja, Anda tidak bisa hanya bergantung pada harga SSL/TLS Sectigo karena ada begitu banyak pertimbangan agar mendapatkan pilihan yang tepat.

SSL/TLS berkualitas harus didapatkan karena hadir dengan teknologi enkripsi yang kuat sehingga bisa membangun kepercayaan dan meningkatkan konversi. Tentu saja produk semacam ini tidak hadir dengan harga murah seperti yang Anda bayangkan. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh memilih SSL/TLS termurah. Yang terpenting adalah Anda mengetahui cara yang tepat mencari penyedia SSL/TLS sehingga produk yang didapat sesuai dengan kebutuhan keamanan Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih Penyedia Sertifikat SSL/TLS yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

1. Menawarkan Validasi Jenis Extended Validation (EV)

Sertifikat SSL/TLS dengan jenis validasi Extended Valdiation (EV) termasuk Sectigo EV Code Signing dan GeoTrust True BusinessID with EV SSL dikenal sebagai sertifikat dengan tingkat keamanan tertinggi. Salah satu fitur yang diberikan adalah Green Bar dimana nama perusahaan atau organisasi Anda akan ditampilkan pada Address Bar Browser  yang akan mampu mempengaruhi serta meningkatkan kepercayaan pengunjung website atau pelanggan Anda.

2. Memiliki Tim Ahli

Jika sebuah perusahaan jual SSL/TLS, terlepas dari berapa banyak produk yang ditawarkan, pastikan perusahaan tersebut memiliki tim ahli dibidangnya. Mereka yang ahli tidak hanya berpengalaman tetapi juga memiliki pengetahuan tentang bidang yang mereka geluti. Hal ini memberikan Anda kemudahan ketika membutuhkan bantuan atau memiliki pertanyaan seputar SSL/TLS. Ini juga membuat Anda yakin bahwa Anda memang memilih perusahaan yang tepat. Untuk mendapatkan informasi terkait, Anda bisa meluangkan waktu untuk membaca informasi yang tersedia di website mereka. Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi tentang rating, ulasan, dan hal apapun yang berhubungan dengan perusahaan terkait.

3. Hanya Berfokus pada SSL/TLS

Penyedia SSL/TLS yang baik tentu selalu berusaha untuk memberikan kualitas dan pelayanan yang baik dengan berfokus pada kepuasaan pelanggan. Jika penyedia juga menawarkan produk lain, kemungkinan perusahaan tersebut tidak bisa memberikan dukungan penuh pada kebutuhan SSL/TLS setiap pelanggan. Pastikan Anda hanya memilih penyedia yang berfokus hanya pada Sertifikat SSL/TLS.

4. Menawarkan Berbagai Brand SSL/TLS

Terbayang akan seperti apa jika sebuah perusahaan penyedia SSL/TLS hanya menawarkan satu pilihan brand? Jika tidak ada pilihan brand lain, maka perusahaan tersebut akan menyarankan Anda untuk memilih pilihan yang tersedia terlepas apakah sesuai dengan kebutuhan keamanan Anda atau tidak. Semakin banyak brand dan produk yang ditawarkan, semakin banyak pilihan yang dimiliki sehingga Anda benar-benar mendapatkan produk yang sesuai.

5. Memiliki Sistem Manajemen SSL/TLS yang Baik

Meskipun tidak semua, namun banyak penyedia SSL/TLS yang tidak memiliki program manajemen yang tepat sehingga pesanan pelanggan tidak diproses sesuai waktu yang telah ditentukan. Selain itu, mereka juga tidak mempunyai data tanggal kedaluwarsa sertifikat setiap pelanggan yang mengakibatkan situs pelanggan mereka kehilangan sertifikat karena habis masa berlakunya. Anda tentu sudah tahu bahwa data yang tidak terenkripsi ditandai sebagai tidak aman oleh mesin pencari, terutama Google. Temukan penyedia yang selalu memberikan informasi kapan sertifikat Anda berakhir sehingga Anda selalu bisa memperbarui sertifikat guna menjaga keamanan data-data sensitif pada website.