Anda mungkin sudah sering melihat ikon gembok ketika mengunjungi sebuah website. Ikon tersebut merupakan indikator keamanan sebuah website. Indikator lain adalah tampilan HTTPS pada address bar browser yang kemudian diikuti oleh URL website. Mungkin selama ini Anda tidak pernah memperdulikan tampilan kedua indikator keamanan tersebut. Faktanya, keamanan website dengan penggunaan sebuah Sertifikat SSL/TLS yang bagus menjadi penting untuk berselancar di Internet guna melindungi data yang bersifat sensitif termasuk rincian login dan password serta rincian kartu kredit yang mungkin dimasukkan pada saat melakukan transaksi di sebuah website.

Saat ini, ada begitu banyak produk SSL/TLS yang bisa didapatkan dengan mudah sehingga Anda bisa beli SSL/TLS Entrust. Pemasangan SSL/TLS memberikan banyak keuntungan, terutama melindungi data sensitif para pengguna Internet pada saat mengunjungi dan bahkan bertransaksi di sebuah website.

Salah satu hal yang harus diketahui sebelum beli Sertifikat SSL/TLS untuk tujuan perlindungan data secara digital adalah masa berlaku sertifikat SSL/TLS itu sendiri. Tentu, Anda harus tahu masa kedaluwarsa sertifikat dan kapan waktu yang tepat untuk memperbaruinya.

Jadi, mengapa Sertifikat SSL/TLS kedaluwarsa? Akan lebih baik untuk mengetahui alasan dibalik kedaluwarsanya sertifikat bahkan sebelum Anda menanyakan harga SSL/TLS GlobalSign. Apakah Anda berfikir bahwa perpanjangan sertifikat hanyalah sebuah mekanisme Otoritas Sertifikat untuk menghasilkan lebih banyak uang? Sayangnya, pemikiran semacam itu sangat keliru. Kedaluwarsa sertifikat berhubungan dengan jaminan keamanan sebuah webiste karena SSL/TLS yang Anda pasang tidak akan lagi berguna dalam mengamankan website jika sertifikat tersebut telah kedaluwarsa. Sertifikat yang kedaluwarsa berdampak buruk pada bisnis yang sedang Anda jalankan. Berikut adalah beberapa kemungkinan yang bisa terjadi jika Anda tidak segera memperbarui sertifikat yang dipasang untuk keamanan website Anda.

Pencurian Data Pelanggan

Resiko phishing merupakan masalah yang cukup serius yang menjadi perhatian para pengguna Internet. Jika SSL/TLS telah kedaluwarsa, maka hacker bisa mencuri data para pelanggan Anda dengan sangat mudah. Hal ini memungkinkan mereka untuk membuat website yang nampak sama persis dengan website Anda. pelanggan yang tidak curiga memganggap bahwa mereka mengunjungi website Anda dan kemudian memasukan data-data pribadi yang bersifat sensitif seperti rincian kartu kredit. Inilah awal mula kebocoran data terjadi. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperbarui Sertifikat SSL/TLS.

Berkurangnya Kepercayaan dari Pelanggan

Meskipun sertifikat dan informasi yang ada didalamnya disimpan dengan benar, semua verifikasi yang dilakukan oleh sertifikat tersebut menjadi tidak valid pada saat sertifikat tersebut kedaluwarsa. Penggunaan Sertifikat SSL/TLS Indonesia membuat pertukaran data antara server dan komputer menjadi terenkripsi. Sayangnya, proses enkripsi tersebut tidak akan efisien dengan kondisi sertifikat yang kedaluwarsa. Lambat laun, bisnis dan website Anda akan kehilangan kepercayaan dari para pelanggan karena mereka tidak lagi mempercayai keamanan website Anda. Ini sangat mungkin terjadi karena setiap pengunjung website bisa melihat peringatan sertifikat kedaluwarsa yang dilampirkan pada website.

Hancurnya Reputasi

Reputasi sangat penting untuk setiap bisnis terutama yang dijalankan secara online. Anda telah berusaha keras untuk membangun reputasi bisnis namun lupa bahwa sertifikat yang kedaluwarsa bisa menghancurkannya seketika. Tidak ada alasan apapun untuk menunda pembaruan Sertifikat SSL/TLS apalagi sampai membiarkannya kedaluwarsa. Sertifikat kedaluwarsa kehilangan fungsinya sebagai keamanan data dan informasi sensitif para pelanggan setia Anda.

Kerugian Penjualan

Berdasarkan survei terbaru, hampir 90% pelanggan menghentikan proses transaksi mereka setelah mendapatkan peringatan kedaluwarsa SSL/TLS. Disisi lain, tidak kurang dari 72% pelanggan memilih untuk mengakhiri transaksi sesegera mungkin setelah mendapatkan peringatan tersebut. Sertifikat yang kedaluwarsa tidak hanya meningkatkan biaya operasi tetapi juga menyebabkan kerugian penjualan terlebih jika penjualan terus berkurang selama SSL/TLS Anda belum diperbarui.