Ada begitu banyak hal yang berhubungan dengan keamanan termasuk didalamnya keamanan digital. Namun, tahukan Anda apa itu komputer kuantum? Atau pernahkah Anda mendengar tentangnya? Quantum computer adalah mesin yang menggunakan properti fisik kuantum guna menyimpan data dan melakukan komputasi.

Karena dipertimbangkan akan bisa menyelesaikan perhitungan yang membutuhkan superkomputer saat ini yang membutuhkan ribuan tahun, komputer kuantum siap untuk menjadi evolusi besar dalam komputasi berikutnya.

Ketika berbicara tentang keamanan, mungkin sebagian besar dari Anda mengkhawatirkan apa saja yang bisa terjadi pada sistem keamanan Anda bahkan saat Anda memasang Sertifikat SSL berkualitas. Dengan mencari tahu lebih banyak tentang komputer kuantum, Anda setidaknya bisa menjawab sendiri pertanya yang mungkin muncul dibenak Anda saat memanfaatkan keberadaan sertifikat digital untuk memastikan keamanan digital yang diperlukan.

Apakah Anda Berpikir Kapan Institusi dan Bisnis Bisa Mulai Mencoba Quantum Computing?

Quantum computing masih dalam masa pertumbuhan. Akan tetapi beberapa dari Anda mungkin mulai bertanya-tanya kapan dan bagaimana bisnis atau institusi mulai bisa memanfaatkannya untuk kepentingan keamanan mereka. Enkripsi akan rentan dalam menghadapi komputasi kuantum terutama untuk data yang dienkripsi menggunakan kunci asimetris lama yang lebih pendek seperti 256-bit dan 1024-bit dibandingkan dengan kunci enkripsi yang menjadi standar saat ini (2048-bit). Kebanyakan data dienkripsi menggunakan kunci yang relatif pendek ini. Dalam beberapa tahun kedepan, mereka yang menyimpan data tersebut mungkin bisa mengungkapkannya dengan mudah beberapa tahun kemudian.

Apa Maksud dari Pengumuman Supremasi Kuantum Terbaru Google bagi Industri?

Enkripsi didasarkan pada kesulitan dalam memecahkan persamaan matematika. Secara teoritis, masalah-masalah tersebut bisa dipecahkan namun cukup komplek bisa dilihat secara paktek sehingga membutuhkan waktu lebih. Bahkan sampai saat ini, kemampuan manusia berimajinasi masalah matematika yang komplek lebih besar dari kemampuan komputer untuk menyelesaikan masalah secara cepat. Pengumuman yang dibuat telah mendemonstrasikan bahwa hal tersebut bisa saja berubah.

Bagaiman Komputasi Kuantum Membuat Enkripsi Tradisional Menjadi Usang?

Mempertimbangkan solsui River-Shamir-Andleman (RSA) yand berdasarkan pada penemuan pengganda utama dalam jumlah besar. Untungnya, daya komputasi yang diperlukan menentukan penggan tersebut dalam waktu yang singkat agar tetap teoritis dalam tujuan keamanan. Komputasi kuantum dengan kecepatan pemrosesan yang meninggalkan komputer binary dan membuatnya menjadi usang. Mengapa demikian? Hal ini karena peretas akan mampu memiliki daya komputasi yang hampir tidak terbatas dalam menyelesaikan masalah semacam ini.

Apakah Setiap Bisnis Harus Mulai Pindah dari Enkripsi Kunci Publik?

Terlalu cepat untuk melakukan hal tersebut dan belum tentu setiap bisnis harus melakukannya. Kita harus menemukan solusi alternative saat beralih ke zaman baru sampai yakin bahwa enkripsi kunci publik dibuat aman untuk kuantum. Salah satu pendekatan umum yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kekuatan enkripsi dengan menambah panjang kunci. Sayangnya, ini saja tidak cukup. Walau bagaimanapun juga, kita tetap harus bersiap untuk peretasan masa depan yang tidak bergantun pada daya komputasi yang terbatas.

Seperti Apa Gambaran Teknologi Otentikasi tanpa Kata Sandi Perusahaan Anda yang Menggunakan Algoritma Sharing Rahasia?

Pada setiap enkripsi yang berbasis PKI (Public Key Infrastructure), baik klien dan server menggunakan protokol asimetrik untuk berbagai kunci simetrik. Penting untuk diketahui baha serangan biasanya terjadi saat pertukaran kunci. teknologi otentikasi tanpa password dibuat untuk menolak informasi yang cukup penting bagi hacker untuk melakukan serangan selama fase pertukaran kunci.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Selamat Datang di RajaSSL,
Ada yang bisa kami bantu ? Chat Disini