Seberapa sering Anda berbelanja online? Belanja online (online shopping) memang memberikan kemudahan dalam mendapatkan produk tanpa harus menghabiskan banyak waktu. Sayangnya, masalah keamanan meningkat seiring dengan meningkatnya trend belanja online. Sangat wajar jika kita mengkhawatirkan masalah keamanan data pribadi yang bersifat sensitif seperti rincian kartu debit dan kartu kredit. Kapanpun Anda berbelanja online, keamanan harus tetap menjadi prioritas utama. Sama halnya dengan berbelanja secara konvensional dengan mengunjungi toko atau mall, pastikan bahwa Anda tidak akan membagikan informasi pribadi pada siapapun.

Lalu, bagaimana agar pengalaman belanja Anda menjadi lebih aman dan nyaman? Baca beberapa tips berikut yang membantu Anda tetap aman meskipun selalu berbelanja menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Hal ini memastikan bahawa data Anda selalu aman dan terjaga.

Tetap Waspada dengan URL

Para hacker dan spammer sangat jenis dan tentu saja berpengalaman di bidangnya. Mereka bisa dengan mudah membuat website duplikat (palsu yang nampak sama dengan website yang biasa kita kunjungi untuk berbelanja). Jika hal ini terjadi, Anda mungkin tidak sadar bahwa Anda memasukan data sensitif Anda di website duplikat, dimana para hacker memiliki akses untuk mendapatkan dan menggunakan data tersebut. Selalu percaya website yang terpercaya dan ternama untuk tujuan browsing karena mereka selalu memastikan wbsite mereka menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan website yang tidak terkenal. Anda bisa memilih website dengan URL yang diawali dengan HTTPS dibanding HTTP karena HTTPS menunjukan bahwa ada Sertifikat SSL berkualitas terpasang guna mengamankan website. Dengan mengunjungi website aman, bisa dipastikan bahwa data atau informasi yang Anda berikan terjaga dengan adanya teknologi enkripsi. Mengapa demikian? Data yang diterima atau dibagikan melalui website dengan HTTPS tidak bisa dibaca atau dimodifikasi oleh pihak yang tidak berkepentingan. Jenis Sertifikat SSL dengan tingkat keamanan tertinggi adalah Extended Validation (EV).

Pilih Vendor Kartu yang Lebih Terpercaya

Kartu belanja memang merupakan keistimewaan perbankan modern, namun tidak semua vendor berguna untuk Anda. ketika terjadi penipuan, Anda tentu ingin penerbit kartu lebih memahami dan lebih kooperatif dibanding menyalahkan Anda. Selain itu, kartu kredit memang didesain dengan lapisan keamanan ekstra jika dibandingkan dengan kartu debit. Jadi, selalu pastikan reputasi dan status perusahaan sebelum memilih vendor kartu kredit yang akan digunakan.

Jangan Langsung Percaya Website Online Shop

Seringnya, kita dengan mudahnya percaya dan melakukan transaksi di website tanpa mempertimbangkan banyak faktor. Berpikirlah dua kali sebelum memberikan rincian kartu kredit atau debit. Jangan mudah tergiur oleh harga yang murah.

Cek Ulang Keamanan yang disediakan oleh Website

Setiap kali mengunjungi sebuah website, apapun produk yang hendak dibeli, jangan perlu lupa untuk mengecek keamanan yang disediakan. Belanja berarti Anda memberikan data pribadi yang mungkin saja bersifat sensifit seperti informasi login dan password. Selain itu, biasanya juga melibatkan kartu kredit atau debit dalam proses pembayaran. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pilihlah website yang URL nya diawali dengan HTTPS, dimana koneksi yang dibuat merupakan koneksi yang aman. Temukan ikon gembok yang merupakan indikator lain dari website yang diamankan dengan pemasangan Sertifikat SSL seperti GeoTrust True BusinessID SSL. Untuk lebih yakin, Anda bisa mengklik ikon gembok tersebut guna melihat detail SSL terpasang termasuk masa aktif, penerbit, dan nama produk Sertifikat SSL yang dipasang.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Selamat Datang di RajaSSL,
Ada yang bisa kami bantu ? Chat Disini